Jumat, 16 Oktober 2009

mulai dari nol

BANDUNG - Mau tidak mau, Persib harus mulai lagi dari nol. Itulah yang akan dilakukan Pelatih Kepala Jaya Hartono mulai Senin pekan depan. Ini merupakan evaluasi total atas dua kali kekalahan pada laga awal Liga Super Indonesia (LSI) musim ini.

Jaya menilai, dua kali kekalahan kemarin lebih karena faktor fisik. Namun, eks pemain Assyabab Surabaya ini lebih menitikberatkan pada faktor kekuatan otot. Artinya, otot para pemain diakuinya belum kuat untuk bermain lebih dari 60 menit. "Faktor fisik memang sangat dominan. Makanya, program latihan akan kita arahkan melatih otot para pemain," ungkap Jaya.

Untuk melatih kekuatan otot tersebut, kata Jaya, maka latihan memang harus dimulai dari nol. Dia sudah meminta seluruh asisten pelatih, termasuk pelatih fisik Entang Hermanu untuk lebih fokus pada latihan fitnes, jogging dan bentuk latihan lainnya guna melatih kekuatan otot. Setelah itu, maka latihan teknik baru dilakukan.

Eks Pelatih Deltras Sidoarjo ini mencontohkan, pada menit-menit awal atau hingga menit ke-60, para pemain bisa tampil ngotot. Namun, jelang menit ke-70, kondisinya sudah jauh menurun. Makanya, konsentrasi pemain pun sudah buyar. Yang terjadi, bukan saja tidak bisa mencetak gol, namun lini pertahanan pun mudah sekali didobrak lawan.

"Itu makanya kalau fisik bagus, teknik pun bisa maksimal. Tapi kalau fisik kacau, maka strategi yang ada juga malah tidak terpakai. Makanya finishing touch para striker pun jadinya mudah dihalau lawan karena tidak ada kekuatan," papar Jaya.

Maka dari itu, Jaya tetap keukeuh bahwa formasi 3-4-3 yang diterapkan kepada para skuadnya diyakini sudah tepat. Namun, karena faktor kekuatan otot masih jauh dari layak, maka para pemain pun tidak bisa lagi bertanggungjawab kepada posisinya karena sudah terlampau keletihan. [sindo]

Source: http://bola.okezone.com

Tidak ada komentar: